Senin, 11 Oktober 2010

MENCEGAH DAN MENGATASI ASAM URAT

Mencegah & Mengatasi Asam Urat (Gout) dengan Herbal & Pola Makan Sehat
Hembing

Asam urat merupakan sebutan orang awam untuk rematik gout (gout artritis). Penyakit ini merupakan gangguan metabolik yang disebabkan asam urat (uric acid) yang menumpuk dalam jaringan tubuh. Asam urat adalah zat yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui urin. Pada kondisi gout, terdapat timbunan atau defosit kristal asam urat di dalam persendian. Sendi merupakan bagian yang paling mudah dihinggapi kristal-kristal asam urat selain juga pada bagian kulit dan ginjal yang merupakan akibat dari penambahan kadar asam urat dalam darah. Kristal-kristal tersebut akan menyebar ke dalam rongga-rongga sendi sehingga terjadilah peradangan akut atau terjadi gout. Jika terjadi selama bertahun-tahun, deposit kristal asam urat dalam sendi tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sendi secara permanen.

Tanaman obat yang dapat digunakan untuk penyakit asam urat/gout berfungsi sebagai anti radang, penghilang rasa sakit (analgesik), membersihkan darah dari zat toksik, peluruh kemih (diuretik) sehingga memperbanyak urine dan menurunkan asam urat, dan sebagainya. Adapun jenis tanaman berkhasiat obat yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat di antaranya yaitu :

1.SAMBILOTO (Andrographis paniculata)Efek : antiradang, menghilangkan nyeri, penawar racun
2.KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)Efek : antiradang, peluruh kemih, menghancurkan batu ginjal dari kristal asam urat
3.DAUN SALAM (Eugenia polyantha) Efek : Sebagai peluruh kencing, penghilang nyeri .
4.ALANG – ALANG (Imperata cyllindrica)Efek : peluruh kemih
5.CEPLUKAN (Physalis angulata)Efek : peluruh kemih, antiradang, meredakan sakit, menetralkan racun
6.TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza)Efek : anti-radang, menghilangkan nyeri, peluruh kemih
7.JAHE MERAH (Zingiber officinale)Efek : anti-radang, anti rematik, melancarkan sirkulasi darah
8.KUNYIT (Curcuma longa)Efek : anti-radang, menghilangkan nyeri, melancarkan darah dan vital energi.
9.MENIRAN (Phyllanthus urinaria)Efek : anti-radang, peluruh kemih, penurun panas.
Berikut contoh resep tumbuhan obat untuk mengatasi asam urat :
Resep 1.
10 gram sambiloto kering + 20 gram kunyit + 15 lembar daun salam, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.
Resep 2.
30 gram daun kumis kucing kering atau 60 gram yang segar + 60 gram akar alang-alang + 15 gram ceplukan kering atau 30 gram yang segar, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum.
Resep 3.
30 gram temu lawak + 30 gram jahe merah + 2 buah mengkudu + 2 batang sereh, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.
Resep 4.
30 gram akar sidaguri kering + 30 gram anting-anting beserta akarnya, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum setelah dingin.catatan :pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur.
Untuk perebusan, gunakan periuk tanah, panci enamel atau panci pyrex.Lakukan diet rendah purin .

Sumber: CBN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar