Rabu, 30 Desember 2009

Keburukan Struktur Organisasi Lini/Staff

Pengertian dari organisasi
Organisasi ialah bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”

Pengertian Organisasi Lini (Line Organization)
Dalam jenis organisasi ini, pembagian tugas dan wewenang terdapat perbedaan yang tegas antara pimpinan dan bawahan. Peran seorang pimpinan dalam hal ini sangat dominan dimana semua kekuasaannya di tangan pimpinan. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan kegiatan yang utama adalah wewenang dan perintah.
Organisasi Staf (Staff Organization)
Dalam organisasi ini, tidak begitu tegas garis pemisah antara pimpinan dan staf pelaksana. Peran staf bukan sekedar pelaksana perintah pimpinan namun staf berperan sebagai pembantu pimpinan. Dimana pimpinan member perintah dan dijalankan oleh pembantu pimpinan.
Dibawah ini adalah keburukan organisasi lini dan staf:
Keburukan suatu organisasi itu terjadi karena konflik yang timbul pada sebuah organisasi tidak bisa diselesaikan,itulah yang membuat sebuah organisasi menjadi buruk atau tidak tercapainya tujuan yang telah ditetapkan,keburukan sutau organisasi kita ambil contoh seperti organisasi lini dan staff.
Staff adalah orang/individu/kelompok yang tugas utamanya adalah memberi saran kepada lini.sedangkan lini merupakan yang mencermikan pekerjaan pokok.
Sumber yang menimbulkan konflik antara lini dan staff antara lain ;
• Perbedaan umur dan pendidikan
• Perbedaan tugas
• Perbedaan sikap
• Perbedaan posisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar